BAB
1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Komputer merupakan suatu hal yang
tak asing lagi untuk kita dengar pada saat ini. Komputer sebagai media yang
membantu kita untuk menyelesaikan tugas menjadi lebih cepat dan benar. Namun,
tahukah anda bagaimana sejarah perkembangan media yang selama ini anda pakai?
Karena komputer ini merupakan hasil evolusi dari beberapa alat yang telah
digunakan di masa lampau.
Sejarah perkembangan komputer pada
saat ini menjadi sorotan para pembaca yang ingin mengetahui lebih mendalam asal
muasal adanya komputer yang begitu canggih. Untuk itu, kami membuat makalah ini
sebagai bagian dari apresiasi kami terhadap para pembaca yang turut ingin
mengetahui sejarah dari perkembangan komputer.
1.2 Rumusan Masalah
Adapun aspek yang akan dibahas dalam
makalah ini yakni :
1.
Bagaimana sejarah perkembangan komputer mulai dari beberapa tahun SM sampai
pada terciptanya komputer?
1.3
Tujuan
Tujuan kami dalam pembuatan makalah
ini selain untuk menambah pengetahuan para pembaca juga untuk tugas aplikasi
komputer.
BAB II
PEMBAHASAN
Sejak dahulu kata, proses pengolahan
data telah dilakukan oleh manusia. Manusia menemukan alat-alat yang dapat
membantu manuais dalam perhitungan dan pengolahan data suapaya bisa mendapatkan
hasil yang lebih cepat.
Komputer
merupakan hasil evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejak dahulu
kala berupa alat manual sampai elektronik.
Adapun beberapa peralatan pengolahan
data dapat dibagi menjadi 4 bagian :
1.
Alat Manual
Merupakan suatu alat yang digerakkan
dengan tangan
Contoh
:
1.
Tulang ( 300.000 tahun SM )
Digunakan untuk menghitung umur dan
menghitung jarak.
2.
Petroglyphs ( 300.000 – 14.000 SM )
Merupakan batu karang yang digores
untuk mencatat suatu data atau mencatat gambar dari suatu kejadian.
3.
Lempengan Tanah Liat ( 9.000 SM )
Digunakan
dalam pehitungan yang dibuat menjadi angka 10-60.
4. Abacus ( 2.500 SM )
Digunakan sebagai alat perhitungan,
ini merupakan alat digital pertama yang ada di Babylonia.
Gambar
2.1 Abacus
5.
Stonehenge ( 1. 900
SM )
Merupakan batu yang terstruktur, digunakan
sebagai observasi dalam peramalan musim panas dan gerhana di Inggris bagian
selatan.
6.
Quipus ( 1.200 SM )
Merupakan tali simpul yang digunakan
nenek moyang untuk mendata administrasi, pajak.
7.
Lempengan Kayu dan Hewan (400 SM )
Digunakan oleh bangsa yunani dan
Romawi untuk mencatat data yakni berupa hutang ataupun pengeluaran serta barang
yang dimiliki.
2. Alat Mekanik
Merupakan peralatan mekanik yang
digerakkan dengan tamgan.
Contoh
:
1623
Alat mesin penghitung pertama
1642
Mesin penghitung otomatis pertama
1666
Mesin penggali pertama
1673
Leibnitz’s calculating machine
1804
Mesin kartu pertama
1820
Mesin penghitung komersial yang sukses
3. Alat Mekanik Elektronik
Merupakan
peralatan mekanik yang digerakkan secara otomatis oleh motor elektonik
Contoh
:
1890
Mesin tabulasi kartu plong (IBM Sekarang)
1931
Komputer analog yang pertama ada
1938
Mesin penghitung mekanik-elektronik pertama
4. Alat Elekronik
Merupakan alat yang
sepenuhnya elekronik.
Contoh
:
Komputer digital yang digunakan pada
tahun 1942 dengan menggunakan tabung hampa udara.
1944, Harvard mampu
melakukan perhitungan aritmatika dengan 23 digit angka.
2.1 SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER
Pada tahun 1642, Blaise Pascal (19
tahun) menemukan Kalkulator Roda untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan
pajak.
Kotak
persegi kuningan yang dinamakan Pascaline menggunakan 8 roda putar yang
bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga 8 digit. Alat ini menggunakan 10
desimal.
Gambar
2.2 Pascaline
Pada tahun 1694 seorang
filsuf dan matematikawan Jerman, Gottfred Wilhem von leibniz memperbaiki
Pascaline dengan mempelajari gambarnya hingga mesin itu dapat melakukan
perkalian.
Charles Xavier kemudian menemukan
alat yang disebut Arithometer yang melakukan 4 operasi yakni +, -, x, :
Gambar
2.3 Arithometer
Awal mula komputer sebenarnya
dibentuk oleh seorang profesor matematika Inggris, Charles Babbage di tahun
1822. Dia memperhatikan kesesuaian antara mesin mekanik dengan matematika yakni
mesin mekanik mampu mengerjakan tugas matematika yang sama berulangkali tanpa
kesalahan. Dan akhirnya terbentuk mesin yang dinamakan sengan Mesin Differesial
yang menggunakan tenaga uap sebagai bahan bakarnya.
Ia kemudian terinspirasi untuk
membuat imputer generalpupose yang pertama kali disebut Analytical Engine
Gambar 2.4
Analytical Engine
Sumber : https://www.google.com/
Mesin ini direncanakan akan digerakkan
dengan tenaga uap, dan otomatis namun memerlukan biaya yang banyak. Pada tahun
1833, Babbage membuat Analytical Engine sebesar rumah dan digerakkan oleh 6
mesin uap. Mesin ini dibuatPada tahun 1833, Babbage dengan teknologi punched
card/ kartu berlubang yang dibuat oleh Jacquard.
Pada 1889, Herman Hollerith
(1860-1929) juga menerapkan prinsip kartu perforasi untuk melakukanpenghitungan
bagi Biro Sensus Amerika Serikat.
Gambar
2.5 Kartu Berlubang
Vannevar Bush (1980-1974) membuat
suatu kalkulator untuk menyelesaikan persamaan differensial di tahun 1931.
Mesin tersebut sangat besar dengan ratusan gerigi dan poros yang dibutuhkan untuk
melakukan perhitungan.
Kemudian, Atanasoff dan Berry
membuat komputer elektrik pertama di tahun 1940, namun terhenti dikarenakan
pendanaan. Dan pada tahun 1941 Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun
komputer Z3.
Gambar
2.6 Komputer Z3
Komputer Z3 digunakan untuk
mendesain pesawat dan peluru kendali. Pada tahun 1943, pihak Inggris
menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamkan Colossus.
Gambar
2.7 Colossus
Komputer raksasa berikutnya adalah
Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC), terdiri dari 18.000
tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, komputer tersebut
merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160kW dan
menempati ruangan lebih 167 m2.
Gambar
2.8 ENIAC
Komputer ini dirancang oleh John
Presper Eckert (1919-1995) dan John W. Mauchly (1907-1980) komputer serbaguna (general
purpose computer) yang bekerja lebih cepat dibandingkan Mark I.
Pada pertengahan 1940-an, John von
Neumann (1903-1957) mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer
(EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung baik program
ataupun data dan mampu membedakannya. Merupakan komputer pertama yang
menggunakan bilangan biner di memori. Ini disebut arsitektur von Neumann dan
digunakan di hampir semua komputer digital hingga saat ini.
Gambar 2.9 Design
Arsitektur von Neumann (EDVAC)
Pada akhir tahun 1950, Eckert dan
Mauchly meninggalkan University of Pennsylvania karena perdebatan tentang siapa
yang memiliki hak paten atas inovasi mereka. Mereka membuat perusahaan sendiri
dan memproduksi UNIVAC (Universal Automatic Computer ) merupakan komputer komersial
pertama yang diproduksi secara masal. UNIVAC juga merupakan komputer pertama
yang menggunakan pita magnetik.
Gambar
2.10 UNIVAC
Komputer-komputer
generasi pertama ditandai dengan :
•
Instruksi yang dibuat hanya untuk satu tugas tertentu saja.
•
Setiap komputer memiliki bahasa mesin yang berbeda sehingga komputer lebih
sulit diprogram.
•
Teknologi Tube Vakum yang berukuran besar membuat komputer generasi pertama
juga memiliki ukuran yang ekstra besar
•
Penggunaan pita magnetik.
Dimulai pada tahun 1948, penemuan
transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan
tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin
elektrik berkurang drastis. Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai
pada tahun 1956.
Penemuan lain yang berupa
pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi
sebelumnya yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih
hemat energi dibanding para pendahulunya.
Mesin pertama yang memanfaatkan
teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama
Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer generasi
sebelumnya menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly.
Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan
singkatan-singakatan untuk menggantikan kode biner.
Pada awal 1960-an, mulai bermunculan
komputer yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan.
Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya
menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat
diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket,
memory, sistem operasi, dan program.
Beberapa bahasa pemrograman mulai
bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language
(COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa
pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat,
dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Industri piranti
lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi kedua
ini.
Jack Kilby, seorang insinyur di
Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit)
di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah
piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa.
Para ilmuwan kemudian berhasil
memasukkan lebih banyak komponen – komponen ke dalam suatu chip tunggal yang
disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena
komponenkomponen dapat dipadatkan dalam chip.
Kemajuan komputer generasi
selanjutnya lainnya adalah penggunaan sistem operasi
berbagai
program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor
dan mengkoordinasi memori komputer.
Setelah
IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan
komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen
dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI)
memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal disusul oleh UVLSI (Ultra
Very Large Scale Integration).
Chip Intel 4004 yang dibuat pada
tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari
sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output)
dalam sebuah chip yang sangat kecil.
Komputer-komputer
ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket pirant lunak yang mudah
digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu
adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game
seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih
canggih dan dapat diprogram.
Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan
penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan
sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit di tahun 1981
menjadi 5,5 juta unit di tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC
digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari
komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang
dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat
digenggam (palmtop). IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan
pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem
grafis pada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis
teks. Macintosh juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse.
Pada masa sekarang, kita mengenal
perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium
II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Dengan menggunakan perkabelan langsung
(disebut juga local area network, LAN), atau kabel telepon, jaringan ini dapat
berkembang menjadi sangat besar.
2.2
KOMPUTER GENERASI MASA DEPAN
Teknologi nano menandai adanya
komputer di beberapa generasi kemudian Processor berkembang dari single core menjadi
dual core bahkan sixth core dengan teknologi 32 nm. Dalam processor yang sama
ditanamkan juga (Graphical Processing
Unit). Dari 32-bit kini telah dimulai era 64-bit baik hardware maupun
softwarenya.
Kabel optik sedang dikembangkan
untuk menggantikan kabel konvensional dengan kecepatan hingga 10GBS bahkan 100
GBS dengan satu kabel untuk mnenjalankan beberapa protokol sehingga mampu
melewatkan data, video dan audio dalam satu kabel.
BAB
III
PENUTUP
3.1
Kesimpulan
Dari
uraian dapat disimpulkan bahwa :
1. Pada zaman dahulu, hanya menggunakan
alat-alat sederhana dalam berkomunikasi atau mengerjakan sesuatu yakni berupa
tulang, batu karang serta tanah liat. Pada tahun sekitar 1940, telah ditemukan
komputer yang menggunakan tabung vakum dalam memproses data dan menyimpan data
kemudian pada tahun 1959 komputer semakin berkembang setelah ditemukannya transistor
sehingga ukuran komputer yang awalnya sebesar rumah dapat dibuat menjadi
sebesar meja. Dan pada tahun 1964 ditemukan alat yang dapat menyimpan berbagai
data yang disebut chip dan beberapa sistem operasi komputer yang telah
berkembang sampai sekarang.
DAFTAR
PUSTAKA
Anonim.Padahttps://www.google.com/search?q=sejarah+komputer+pdf&oq=sejarah+komputer+pdf&aqs=chrome..69i57j69i60j0l2j69i60l2.20494j0&sourceid=chrome&ie=UTF-8
(Diakses pada tanggal 29 Agustus 2013)
Fauzan,
azmi. Pada http://www.azmifauzan.web.id
(Sejarah Perkembangan Komputer, diakses pada tanggal 29 Agustus 2013)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar