Selasa, 24 September 2013

Sejarah Perkembangan Komputer - Aplikasi Komputer

BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
            Komputer merupakan suatu hal yang tak asing lagi untuk kita dengar pada saat ini. Komputer sebagai media yang membantu kita untuk menyelesaikan tugas menjadi lebih cepat dan benar. Namun, tahukah anda bagaimana sejarah perkembangan media yang selama ini anda pakai? Karena komputer ini merupakan hasil evolusi dari beberapa alat yang telah digunakan di masa lampau.
            Sejarah perkembangan komputer pada saat ini menjadi sorotan para pembaca yang ingin mengetahui lebih mendalam asal muasal adanya komputer yang begitu canggih. Untuk itu, kami membuat makalah ini sebagai bagian dari apresiasi kami terhadap para pembaca yang turut ingin mengetahui sejarah dari perkembangan komputer.
1.2 Rumusan Masalah
            Adapun aspek yang akan dibahas dalam makalah ini yakni :
1. Bagaimana sejarah perkembangan komputer mulai dari beberapa tahun SM sampai pada terciptanya komputer?
1.3 Tujuan
            Tujuan kami dalam pembuatan makalah ini selain untuk menambah pengetahuan para pembaca juga untuk tugas aplikasi komputer.







BAB II
PEMBAHASAN
            Sejak dahulu kata, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia menemukan alat-alat yang dapat membantu manuais dalam perhitungan dan pengolahan data suapaya bisa mendapatkan hasil yang lebih cepat.
Komputer merupakan hasil evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejak dahulu kala berupa alat manual sampai elektronik.

Adapun beberapa peralatan pengolahan data dapat dibagi menjadi 4 bagian :
1. Alat Manual
            Merupakan suatu alat yang digerakkan dengan tangan
Contoh :
1. Tulang ( 300.000 tahun SM )
            Digunakan untuk menghitung umur dan menghitung jarak.
2. Petroglyphs ( 300.000 – 14.000 SM )
            Merupakan batu karang yang digores untuk mencatat suatu data atau mencatat gambar dari suatu kejadian.
3. Lempengan Tanah Liat ( 9.000 SM )
            Digunakan dalam pehitungan yang dibuat menjadi angka 10-60.
4. Abacus ( 2.500 SM )
            Digunakan sebagai alat perhitungan, ini merupakan alat digital pertama yang ada di Babylonia.

                                                                       
                       
download.jpg


                                                Gambar 2.1 Abacus
                                                Sumber : https://www.google.com/
5. Stonehenge ( 1. 900 SM )
            Merupakan batu yang terstruktur, digunakan sebagai observasi dalam peramalan musim panas dan gerhana di Inggris bagian selatan.
6. Quipus ( 1.200 SM )
            Merupakan tali simpul yang digunakan nenek moyang untuk mendata administrasi, pajak.
7. Lempengan Kayu dan Hewan (400 SM )
            Digunakan oleh bangsa yunani dan Romawi untuk mencatat data yakni berupa hutang ataupun pengeluaran serta barang yang dimiliki.
2. Alat Mekanik
            Merupakan peralatan mekanik yang digerakkan dengan tamgan.
Contoh :
1623 Alat mesin penghitung pertama
1642 Mesin penghitung otomatis pertama
1666 Mesin penggali pertama
1673 Leibnitz’s calculating machine
1804 Mesin kartu pertama
1820 Mesin penghitung komersial yang sukses

3. Alat Mekanik Elektronik
          Merupakan peralatan mekanik yang digerakkan secara otomatis oleh motor elektonik
Contoh :
1890 Mesin tabulasi kartu plong (IBM Sekarang)
1931 Komputer analog yang pertama ada
1938 Mesin penghitung mekanik-elektronik pertama
4. Alat Elekronik
          Merupakan alat yang sepenuhnya elekronik.
Contoh :
            Komputer digital yang digunakan pada tahun 1942 dengan menggunakan tabung hampa udara.
          1944, Harvard mampu melakukan perhitungan aritmatika dengan 23 digit angka.

2.1 SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER
            Pada tahun 1642, Blaise Pascal (19 tahun) menemukan Kalkulator Roda untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak.
Kotak persegi kuningan yang dinamakan Pascaline menggunakan 8 roda putar yang bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga 8 digit. Alat ini menggunakan 10 desimal.
download (1).jpg






                                                Gambar 2.2 Pascaline
                                                Sumber : https://www.google.com/

            Pada tahun 1694 seorang filsuf dan matematikawan Jerman, Gottfred Wilhem von leibniz memperbaiki Pascaline dengan mempelajari gambarnya hingga mesin itu dapat melakukan perkalian.
arithometer.jpg            Charles Xavier kemudian menemukan alat yang disebut Arithometer yang melakukan 4 operasi yakni +, -, x, :


           



           
                                                Gambar 2.3 Arithometer
                                                Sumber : https://www.google.com/

            Awal mula komputer sebenarnya dibentuk oleh seorang profesor matematika Inggris, Charles Babbage di tahun 1822. Dia memperhatikan kesesuaian antara mesin mekanik dengan matematika yakni mesin mekanik mampu mengerjakan tugas matematika yang sama berulangkali tanpa kesalahan. Dan akhirnya terbentuk mesin yang dinamakan sengan Mesin Differesial yang menggunakan tenaga uap sebagai bahan bakarnya.
            Ia kemudian terinspirasi untuk membuat imputer generalpupose yang pertama kali disebut Analytical Engine
Analytical Engine.jpg






                                   
                                    Gambar 2.4 Analytical Engine
                                    Sumber : https://www.google.com/

            Mesin ini direncanakan akan digerakkan dengan tenaga uap, dan otomatis namun memerlukan biaya yang banyak. Pada tahun 1833, Babbage membuat Analytical Engine sebesar rumah dan digerakkan oleh 6 mesin uap. Mesin ini dibuatPada tahun 1833, Babbage dengan teknologi punched card/ kartu berlubang yang dibuat oleh Jacquard.
            Pada 1889, Herman Hollerith (1860-1929) juga menerapkan prinsip kartu perforasi untuk melakukanpenghitungan bagi Biro Sensus Amerika Serikat.
Kartu Berlubang.jpg                                                                                                                                                                                                                                                                       

                                                                       



                                                Gambar 2.5 Kartu Berlubang
                                                Sumber : https://www.google.com/

            Vannevar Bush (1980-1974) membuat suatu kalkulator untuk menyelesaikan persamaan differensial di tahun 1931. Mesin tersebut sangat besar dengan ratusan gerigi dan poros yang dibutuhkan untuk melakukan perhitungan.
            Kemudian, Atanasoff dan Berry membuat komputer elektrik pertama di tahun 1940, namun terhenti dikarenakan pendanaan. Dan pada tahun 1941 Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun komputer Z3.

z3.jpg
 


                                                                       






                                                Gambar 2.6 Komputer Z3
                                                Sumber : https://www.google.com/
            Komputer Z3 digunakan untuk mendesain pesawat dan peluru kendali. Pada tahun 1943, pihak Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamkan Colossus.
colossus.jpg                                                                                                                                                                                   




                                                            Gambar 2.7 Colossus 
                                                Sumber : https://www.google.com/

            Komputer raksasa berikutnya adalah Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC), terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160kW dan menempati ruangan lebih 167 m2.
eniac.jpg


           




                                                Gambar 2.8 ENIAC
                                    Sumber : https://www.google.com/
           
            Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dan John W. Mauchly (1907-1980) komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja lebih cepat dibandingkan Mark I.
            Pada pertengahan 1940-an, John von Neumann (1903-1957) mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung baik program ataupun data dan mampu membedakannya. Merupakan komputer pertama yang menggunakan bilangan biner di memori. Ini disebut arsitektur von Neumann dan digunakan di hampir semua komputer digital hingga saat ini.
Design Arsitektur von Neumann.jpg
 









                        Gambar 2.9 Design Arsitektur von Neumann (EDVAC)
                        Sumber : https://www.google.com/

            Pada akhir tahun 1950, Eckert dan Mauchly meninggalkan University of Pennsylvania karena perdebatan tentang siapa yang memiliki hak paten atas inovasi mereka. Mereka membuat perusahaan sendiri dan memproduksi UNIVAC (Universal Automatic Computer ) merupakan komputer komersial pertama yang diproduksi secara masal. UNIVAC juga merupakan komputer pertama yang menggunakan pita magnetik.
UNIVAC.jpg
 









                                                Gambar 2.10 UNIVAC
                                                Sumber : https://www.google.com/

Komputer-komputer generasi pertama ditandai dengan :
• Instruksi yang dibuat hanya untuk satu tugas tertentu saja.
• Setiap komputer memiliki bahasa mesin yang berbeda sehingga komputer lebih sulit diprogram.
• Teknologi Tube Vakum yang berukuran besar membuat komputer generasi pertama juga memiliki ukuran yang ekstra besar
• Penggunaan pita magnetik.
            Dimulai pada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis. Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956.
            Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi sebelumnya yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya.
            Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer generasi sebelumnya menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly.
            Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan untuk menggantikan kode biner.
            Pada awal 1960-an, mulai bermunculan komputer yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.
            Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Industri piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi kedua ini.
            Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa.
            Para ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen – komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponenkomponen dapat dipadatkan dalam chip.

            Kemajuan komputer generasi selanjutnya lainnya adalah penggunaan sistem operasi
berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.
Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal disusul oleh UVLSI (Ultra Very Large Scale Integration).
            Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil.
Komputer-komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket pirant lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram.
            Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit di tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop). IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse.
            Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel).  Dengan menggunakan perkabelan langsung (disebut juga local area network, LAN), atau kabel telepon, jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar.




2.2 KOMPUTER GENERASI MASA DEPAN
            Teknologi nano menandai adanya komputer di beberapa generasi kemudian Processor berkembang dari single core menjadi dual core bahkan sixth core dengan teknologi 32 nm. Dalam processor yang sama ditanamkan  juga (Graphical Processing Unit). Dari 32-bit kini telah dimulai era 64-bit baik hardware maupun softwarenya.
            Kabel optik sedang dikembangkan untuk menggantikan kabel konvensional dengan kecepatan hingga 10GBS bahkan 100 GBS dengan satu kabel untuk mnenjalankan beberapa protokol sehingga mampu melewatkan data, video dan audio dalam satu kabel.

















BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Dari uraian dapat disimpulkan bahwa :
1. Pada zaman dahulu, hanya menggunakan alat-alat sederhana dalam berkomunikasi atau mengerjakan sesuatu yakni berupa tulang, batu karang serta tanah liat. Pada tahun sekitar 1940, telah ditemukan komputer yang menggunakan tabung vakum dalam memproses data dan menyimpan data kemudian pada tahun 1959 komputer semakin berkembang setelah ditemukannya transistor sehingga ukuran komputer yang awalnya sebesar rumah dapat dibuat menjadi sebesar meja. Dan pada tahun 1964 ditemukan alat yang dapat menyimpan berbagai data yang disebut chip dan beberapa sistem operasi komputer yang telah berkembang sampai sekarang.













DAFTAR PUSTAKA

Fauzan, azmi. Pada http://www.azmifauzan.web.id (Sejarah Perkembangan Komputer, diakses pada tanggal 29 Agustus 2013)







Tidak ada komentar:

Posting Komentar